UML USE CASE
Pengertian :
● Use case class digunakan untuk memodelkan dan menyatakan unit
fungsi/layanan yang disediakan oleh sistem (atau bagian sistem: subsistem atau
class) ke pemakai.
● Use case dapat dilingkupi dengan batasan sistem yang diberi
label nama sistem.
● Use case adalah sesuatu yang menyediakan hasil yang dapat diukur
ke pemakai atau sistem eksternal.
Karakteristik :
– Use cases adalah interaksi atau dialog antara sistem dan actor,
termasuk pertukaran pesan dan tindakan yang dilakukan oleh sistem.
– Use cases diprakarsai oleh actor dan mungkin melibatkan peran
actor lain. Use cases harus menyediakan nilai minimal kepada satu actor.
– Use cases bisa memiliki perluasan yang mendefinisikan tindakan
khusus dalam interaksi atau use case lain mungkin disisipkan.
– Use case class memiliki objek use case yang disebut skenario.
Skenario menyatakan urutan pesan dan tindakan tunggal.
Komponen Pembentuk Use Case Diagram :
1. Actor
Pada dasarnya actor bukanlah
bagian dari use
case diagram, namun untuk dapat terciptanya suatu use case
diagram diperlukan beberapaactor. Actor tersebut mempresentasikan seseorang atau
sesuatu (seperti perangkat, sistem lain) yang berinteraksi dengan sistem. Sebuah actor mungkin
hanya memberikan informasi inputan pada sistem, hanya menerima informasi dari
sistem atau keduanya menerima, dan memberi informasi pada sistem. Actor hanya
berinteraksi dengan use case, tetapi tidak memiliki kontrol atas use case. Actor digambarkan
dengan stick
man . Actor dapat digambarkan secara secara umum
atau spesifik, dimana untuk membedakannya kita dapat menggunakan relationship

Gambar Actor
2. Use Case
Use
case adalah gambaran
fungsionalitas dari suatu sistem, sehingga customeratau
pengguna sistem paham dan mengerti mengenai kegunaan sistem yang akan dibangun.
Catatan : Use case diagram adalah
penggambaran sistem dari sudut pandang pengguna sistem tersebut (user), sehingga pembuatan use case lebih
dititikberatkan pada fungsionalitas yang ada pada sistem, bukan berdasarkan
alur atau urutan kejadian.
Cara
menentukan Use Case dalam suatu sistem:
a. Pola perilaku perangkat lunak aplikasi.
b. Gambaran
tugas dari sebuah actor.
c. Sistem
atau “benda” yang memberikan sesuatu yang bernilai kepadaactor.
d.
Apa yang dikerjakan oleh suatu perangkat lunak (*bukan bagaimana cara
mengerjakannya).

Gambar Use Case
Relasi
dalam Use Case
Ada
beberapa relasi yang terdapat pada use
case diagram:
1. Association, menghubungkan link antar element.
2. Generalization, disebut juga inheritance (pewarisan),
sebuah elemen dapat merupakan spesialisasi dari elemen lainnya.
3. Dependency,
sebuah element bergantung dalam beberapa cara ke element lainnya.
4. Aggregation,
bentuk assosiation dimana sebuah elemen berisi elemen lainnya.
Tipe
relasi/ stereotype yang
mungkin terjadi pada use
case diagram:
1. <<include>> , yaitu
kelakuan yang harus terpenuhi agar sebuah eventdapat
terjadi, dimana pada kondisi ini sebuah use
case adalah bagian dari use case lainnya.
2. <<extends>>,
kelakuan yang hanya berjalan di bawah kondisi tertentu seperti menggerakkan
alarm.
3. <<communicates>>, mungkin
ditambahkan untuk asosiasi yang menunjukkan asosiasinya adalah communicates association . Ini
merupakan pilihan selama asosiasi hanya tipe relationship yang
dibolehkan antara actor dan use case.
3. Contoh Use Case Diagram

0 comments:
Post a Comment